Kamis, 22 April 2010

BUKU PENYULUHAN PERIKANAN


Buku penyuluhan yang banyak tersedia adalah buku penyu luhan pertanian umumnya yang bersifat teoritis dan sedikit terapan, sedangkan buku penyuluhan perikanan masih belum ada, dan kalaupun ada masih jarang yang berbentuk buku teks. Buku teks penyuluhan pembangunan perikanan ini ditulis guna melengkapi pustaka atau bahan ajar mengenai mata kuliah penyuluhan perikanan, yang sampai saat ini dirasakan masih kurang tersedia, khususnya masalah pembangunan di sektor perikanan, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

Buku ini sumber pokoknya adalah tulisan tulisan yang membahas mengenai penyuluhan pertanian dan bahan kuliah penyuluhan perikanan yang pemah dikuliahkan penulis. Dari pengalaman penulis selama mengajar di Fakultas Petemakan dan Perikanan (dulu) atau Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Dlponegoro sekarang ini dan juga dari pengalaman mengajar penyuluhan di berbagai institusi lainnya, serta dari bahan diskusi, seminar, praktek, kursus dan pelatihan mengenai pemberdayaan masyarakat petani umumnya serta nelayan pada khususnya maka saya usahakan untuk dapat mengumpulkan bahan bahan tersebut kemudian mengolahnya menjadi buku teks penyuluhan ini.

Penyuluhan berperan sebagai jembatan antara pemerintah (yang mempunyai kebijaksanaan dalam pembangunan) dan petani nelayan sebagai unsur pelaku pembangunan (yang memiliki lahan dan usaha perikanan). Selain itu penyuluhan dapat menjembatani dunia penelitian dan praktek-praktek dalam usaha
perikanan, sehingga penyuluhan dapat berperan di dalam proses penyebarluasan hasil hasil penelitian (yang banyak berasal dari kaum ilmiahwan di Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian serta Balai Penelitian), untuk diterapkan oleh petani ikan dan nelayan, dan dapat pula berperan di dalam proses penyampaian umpan balik dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh para petani ikan dan nelayan.

Dengan demikian buku ini ingin menyajikan arti pentingnya dari penyuluhan dalam pembangunan, khususnya pembangunan perikanan dan teori-teori mengenai penyuluhan pada umumnya serta metoda pendekatannya, yang diakhiri dengan bab masalah penyuluhan yaitu bahasan tentang informasi, pentingnya tehnologi dan faktor penentu dalam perencanaan dan evalusi penyuluhan, baik evalusi pelaksanaan maupun evaluasi hasil penyuluhan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar